Srintami PT PLN (Persero)
Srintami (Sistem Rute Inspeksi Transmisi) merupakan sebuah sistem inspeksi rutin terintegrasi yang dimiliki dan digunakan oleh PT PLN (PERSERO). Sistem inspeksi yang dimaksud adalah sistem pemeliharaan peralatan dengan menggunakan data hasil inspeksi rutin yang dilakukan oleh petugas lapangan yang disebut PGP (Petugas Groundpatrol). Dalam hal ini peralatan yang diinspeksi adalah jaringan tower listrik dan metode inspeksi adalah menggunakan formulir checklist untuk memeriksa setiap komponen dari peralatan.
Klien
PT. PLN (PERSERO) APP Surabaya
PT. PLN (PERSERO) AP2B Kaltimra
PT. PLN (PERSERO) UPT Makassar
PT. PLN (PERSERO) AP2B Kalselteng
PT. PLN (PERSERO) APDP Kalbar
PT. PLN (PERSERO) TJBT
PT. PLN (PERSERO) P3B Sumatera
PT. PLN (PERSERO) Sektor Babel
PT. PLN (PERSERO) Minahasa
Tahun
2013 – 2018
Srintami mulai dikembangkan pada tahun 2013, dengan kebutuhan sebuah sistem pengambilan data inspeksi yang valid dan cepat. Valid dalam hal ini adalah bahwa data yang diambil merupakan data yang benar-benar diambil dilokasi dan saat itu juga. Cepat dalam pelaporan dan tidak perlu rekap ulang data.
Solusi yang diberikan Srintami adalah inspeksi dengan perangkat mobile yang memanfaatkan GPS dan kamera sebagai validasi data. Dengan tag GPS dan foto, aplikasi dapat memastikan bahwa data yang diambil benar-benar dilokasi peralatan. Kemudian dengan metode sinkronisasi data cepat terkirim ke server tanpa perlu rekap ulang. Hal tersebutlah yang menjadi keunggulan dari Srintami.
Sejak 2013 sampai sekarang implementasi srintami telah mencakup hampir seluruh Indonesia.